Harga Emas 24k turun? Harus Bagaimana?

17 FEBRUARI 2021

Harga diatas menunjukkan harga emas 24k dalam waktu kurun seminggu. Jadi memang benar harga emas 24k sedang mengalami penurunan dalam beberapa waktu ini.

Nah untuk grafik diatas adalah grafik emas dalam kurun waktu 6 bulan.

Bisa Anda lihat posisi hari ini pernah dialami sekitar bulan November 2020 dan di awal Februari 2021. Selain itu bisa Anda lihat bahwa dalam 6 bulan ini harga emas mengalami penurunan.

Sekarang yuk kita tarik mundur ke grafik 1 tahun ke belakang. Bisa dilihat beberapa kenaikan dan penurunan yang terjadi dalam 1 tahun ini. Dilihat dari harga emas 1 tahun yang lalu terhadap harga emas pada hari ini. Dapat disimpulkan bahwa harga emas hari ini tetap lebih tinggi dari harga emas tahun yang lalu.

Nah lebih lama lagi, grafik diatas adalah grafik dalam kurun waktu 30 tahun ke belakang.

Di beberapa waktu harga emas 24k akan selalu mengalami kenaikan dan penurunan yang terlihat drastis jika dilihat dalam kurun waktu yang pendek. Namun dengan grafik historis diatas dapat dilihat bahwa dalam jangka waktu yang panjang harga emas 24k cenderung mengalami kenaikan.

Jadi apa yang harus dilakukan ketika harga emas turun?

Kembali lagi ke tujuan awal Anda berinvestasi, apakah ingin berinvestasi jangka panjang atau trading?

Jika ingin berinvestasi jangka panjang, jangan panik. Menurut data historis, harga emas selalu berusaha melampaui harga tertinggi yang pernah dicapai setelah mengalami penurunan. Hanya saja waktu yang diperlukan tidak dapat diprediksi. Hal ini disebabkan banyak faktor yang mempengaruhi harga emas.

Kenaikan harga emas 24k pada tahun 2020 sangat dipengaruhi oleh pandemi Covid-19. Namun dilihat dari awal harga emas sebelum pandemi, harga emas sekarang ini tetap masih lebih tinggi.

Untuk Anda yang memiliki rata-rata harga pembelian emas 24k yang tinggi dapat juga melihat sebagai peluang untuk membeli sedikit demi sedikit sehingga rata-rata harga emas 24k yan Anda miliki menjadi lebih rendah.

Tidak ada yang pernah bisa memprediksi harga emas secara pasti, namun Anda dapat terus mengedukasi diri Anda sehingga tidak mudah panik dalam situasi tertentu dan dapat mengambil keputusan investasi secara matang.

Anda dapat juga mengecek harga emas dunia di www.kitco.com atau www.goldprice.org

Belajar bersama, bertumbuh bersama. Terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Selamat Datang di SIMMAS DINAR, layanan dari Barkondi Group. Ada yang bisa kami bantu?