Edukasi sebelum Berinvestasi

30 NOVEMBER 2020

Pembukaan

Apa yang kami sampaikan adalah murni pendapat pribadi. Sumber info, berita dan grafik diambil dari situs yang valid dan telah kami sertakan di akhir tulisan. Info yang kami berikan bukan merupakan sebuah saran atau rekomendasi investasi. Segala keputusan dan tindakan investasi menjadi tanggung jawab masing – masing individu.

Apa itu Investasi?

Investasi adalah menempatkan uang di instrumen keuangan selama jangka waktu tertentu untuk mencapai keuntungan di masa depan.

Apa itu Trading?

Trading adalah jual beli dalam waktu singkat dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

Jadi perbedaan utamanya ada di jangka waktu

Jenis-jenis Investasi

Jenis investasi sangatlah banyak. Namun dalam garis besarnya kita bisa membagi jenis investasi ini berdasarkan jangka waktu investasi, panjang dan pendek.

Contoh investasi

Investasi jangka pendek antara lain : Tabungan, deposito, saham.

Investasi jangka panjang antara lain : Emas, tanah dan bangunan, asuransi, reksadana.

Memilih Investasi

  • Tentukan tujuan investasi karena tujuan investasi akan menentukan langkah Anda berikutnya
  • Kenali profil risiko Anda. Profil risiko adalah penilaian mengenai gambaran kemampuan Anda untuk menanggung risiko dalam investasi
  • Tentukan jangka waktu. Dari tujuan investasi yang ditentukan Anda dapat menentukan jangka waktu yang Anda butuhkan
  • Diversifikasi investasi. Jangan menaruh semua uang Anda hanya pada 1 jenis investasi. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan risiko

Profil Risiko

Profil risiko dibagi menjadi 3 :

  • Konservatif, profil risiko konservatif ini termasuk golongan orang-orang yang cenderung memilih jenis investasi stabil, berisiko rendah atau bahkan tidak ada risiko sama sekali.
  • Moderat, profil risiko ini adalah orang yang tidak terlalu bermasalah risiko investasi yang diterima dan berharap mendapatkan keuntungan lebih tinggi daripada jenis profil risiko sebelumnya.
  • Agresif, jenis profil risiko ini adalah orang yang sudah terbiasa akan fluktuasi harga yang naik dan turun sekejap sangat tinggi bahkan golongan ekstrim

Harga Emas di tahun 2020

Kenaikan tajam harga emas tahun 2020 ini terutama dipicu oleh adanya pandemi Covid-19, karena emas sering digunakan sebagai alat lindung nilai maka ketika keadaan menjadi tidak pasti, harga emas biasanya mengalami kenaikan.Namun setelah mencapai harga tertingginya di bulan Agustus 2020, harga emas cenderung mengalami penurunan dan beberapa hari inipun harga emas turun tajam

Mengapa Akhir-Akhir ini Harga Emas Turun?

Penurunan harga emas akhir-akhir ini disebabkan oleh berita tentang vaksin Corona yang ditemukan efektif hingga 95% dan tidak ditemukan efek samping yang berbahaya. Selain itu berita tentang estimasi perbaikan ekonomi Amerika juga memicu penurunan harga emas.Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, emas adalah instrumen lindung nilai saat kondisi tidak pasti, maka ketika banyak berita positif mengenai situasi global (ekonomi, dsb) maka harga emas cenderung mengalami penurunan.

Apa yang Harus Dilakukan?

Kembali lagi ke tujuan awal Anda berinvestasi, apakah ingin berinvestasi jangka panjang atau jangka pendek?

Jika ingin berinvestasi jangka panjang, Anda jangan panik karena menurut data historis harga emas selalu berusaha melampaui harga tertinggi yang pernah dicapai setelah mengalami penurunan, hanya saja waktu yang diperlukan tidak dapat diprediksi. Hal ini disebabkan banyak faktor yang mempengaruhi harga emas.

Jika tujuan Anda hanya untuk trading jangka pendek, bisa jadi ini waktu yang tepat karena fluktuasi harga emas sedang sangat berfluktuasi. Namun yang perlu diperhatikan Anda harus cermat mengupdate harga emas setiap saat, berita-berita yang dapat mempengaruhi harga emas. Jadi diperlukan waktu dan usaha esktra untuk memperhatian perubahan harga dan berita-berita yang ada. Untuk itu kembali di awal penjelasan kami, Anda harus mengenali dulu profil risiko investasi Anda.

Penutup

Tidak ada yang pernah bisa memprediksi harga emas secara pasti, namun Anda dapat terus mengedukasi diri Anda sehingga tidak mudah panik dalam situasi tertentu, dan dapat mengambil keputusan investasi secara matang.

Anda dapat juga mengedukasi diri Anda tentang investasi emas di video-video di Youtube seperti channel d’gold father, Stansberry Research, Kitco News.

Anda juga dapat mengecek harga emas dunia di www.kitco.com atau www.goldprice.org

Belajar bersama, bertumbuh bersama. Terima kasih

Kata-kata bijak dalam berinvestasi

“Dont put your egg in one basket”

Jangan menaruh seluruh invetasimu ke dalam satu jenis investasi saja, tujuannya untuk meminimalka risiko.

“High risk, high return”

Semakin tinggi risiko investasi, semakin tinggi keuntungan yang bisa didapatkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Selamat Datang di SIMMAS DINAR, layanan dari Barkondi Group. Ada yang bisa kami bantu?